• img
09 October 2018

Fenomena Tanah Bergerak Likuifaksi

Pencairan tanah atau Likuifaksi adalah fenomena di mana kekuatan dan kekakuan tanah berkurang dikarenakan gempa atau pergerakan tanah lainnya. Hal ini merupakan suatu proses atau kejadian berubahnya sifat tanah dari keadaan padat menjadi keadaan cair, yang disebabkan oleh beban siklik pada waktu terjadi gempa sehingga tekanan air pori (porewater) meningkat mendekati atau melampaui tegangan vertikal. Likuifaksi telah bertanggung jawab atas sejumlah besar kerusakan dalam sejarah gempa bumi di seluruh dunia.

Fenomena ini biasanya terjadi saat gempa bumi terjadi yaitu pada daerah-daerah atau zona-zona dengan tanah yang mengandung air. Misalnya yang sering terjadi itu di dekat pantai atau di daerah gempa, ada lapisan yang mengandung air misalnya tanah pasir. Likuifaksi diumpamakan sama seperti saat kita mengaduk air dan pasir di dalam botol. Barang padat seperti pasir akan berubah menjadi cair.

beberapa faktor yang berpengaruh terhadap potensial likuifaksi tanah adalah sebagai berikut:

  • Jenis Tanah
  • Kerapatan relatif atau angka pori
  • Tekanan batas
  • Intensitas gempa
  • Durasi gempa

 

Fenomena Likuifaksi

Likuifaksi tanah yang terjadi di Palu pada saat gempa bumi menjadi salah satu contoh kasus pencairan tanah. Menurut ahli geologi Amerika, Likuifaksi yang terjadi di Palu merupakan yang paling menyeramkan di dunia. “Itu adalah contoh likuifaksi yang paling menyeramkan yang pernah saya lihat. Banyak suara-suara aneh terdengar," kata Ahli Geologi dari Universitas Saint Louis AS, John Encarnacion saat melihat video-video peristiwa likuifaksi yang terjadi di Kabupaten Sigi dan Kota Palu.

Awalnya, ia sempat mengira peristiwa yang terdapat di video tersebut adalah tsunami. Ia menduga seluruh kawasan di dalam video tersebut sebenarnya berada di atas endapan lumpur dan pasir dari pesisir atau sungai yang tidak terkonsolidasi dan jenuh dalam air. Ketika material itu terguncang oleh gempa bumi maka tanah menjadi mencair.

Usia endapan pasir dan lumpur tersebut, menurut perkiraannya proses pembekuannya dapat mencapai ribuan hingga puluhan ribu tahun. "(Usia) itu sangat muda dan tidak cukup waktu untuk berubah menjadi batu. (Likuifaksi) ini sebenarnya adalah situasi yang sama terjadi di banyak wilayah pesisir," ujar dia.

Kasus likuifkasi dalam gempa Alaska, AS tahun 1964. Gempa megathrust berkekuatan 9,2 SR  memicu tsunami besar yang memporak-porandakan kawasan pesisir di Shoup Bay.  Lapisan tanah mencair menyebabkan bangunan-roboh dan ambles. Sedikitnya 139 orang tewas dalam kejadian ini.

Selain itu juga pernah terjadi di Tangshan China, 28 Juli 1976, Gempa Loma Prieta, San Fransisco, AS, 17 Oktober 1989. Gempa ini terjadi akibat pergeseran sesar San Andreas.  Juga pada Gempa Christchuch, Selandia Baru,  pada 22 Februari 2011 pukul 12.51 waktu setempat. Episentrum gempa sekitar 2 km sisi barat kota kecil Lyttelton dengan kedalaman 5 km. Gempa Bumi ini menimbulkan kerusakan besar, terutama di Christchurch, kota terdekat dari episentrum gempa sekaligus kota terbesar kedua di Selandia Baru.

Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Daru Prihatmoko menjelaskan likuifaksi terjadi karena lapisan tanah memang beragam. Menurutnya lapisan paling atas terkadang keras. Akan tetapi lapisan bawahnya tidak solid.

Begitu Juga dengan Taufiq Wira Buana, peneliti Badan Geologi, kementerian ESDM. Ia menjelaskan Likuifaksi Pada umumnya itu terjadi pada tanah yang berpasir. Dia harus jenuh air, mudah terendam air. Ketika dia mengalami guncangan maka air itu akan memiliki tekanan yang berlebih karena dia mendorong ke sana kemari dan mendorong partikel pasir atau tanah yang tidak lengket.

 

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Pencairan_tanah
https://tirto.id/belajar-dari-likuifaksi-palu-bagaimana-cara-menyelamatkan-diri-c3ZB
https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-45708229
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180930155918-199-334437/mengenal-likuifaksi-fenomena-tanah-bergerak-gempa-palu http://jamesthoengsal.blogspot.com/p/tanah-likuifaksi-lequefaction-soil.html



Testindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang engineering solution menyediakan layanan otomasi dan upgrade mesin industri yang didukung oleh tenaga ahli dan berpengalaman. Informasi lengkap silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 081399291909, Email: sales@testindo.com