• img
16 October 2018

Menguji Kemiringan Pada Sebuah Struktur Bangunan Dengan Tiltmeter

Tiltmeter merupakan alat yang berfungsi untuk memantau kemiringan dan perubahan didalam sebuah struktur, tujuan pemantuan adalah untuk menganalisa rotasi gaya struktur yang mendapatkan gaya dari tanah. Tiltmeter juga bisa untuk memantau pada Jembatan, Terowongan, bendungan dan lain-lain

Secara garis besar, fungsi dari struktur adalah untuk menopang beban atau gaya yang langsung disalurkan kedalam tanah, selain itu struktur juga mendukung keberadaan elemen nonstruktur.

Pada awal pembangunan, posisi struktur akan tegak lurus dan kokoh. Namun seiring berjalannya waktu, struktur tersebut akan menjadi miring karena mendapat beban dari tanah dengan gaya lateral. Jika terus dibiarkan dinding tersebut akan menjadi runtuh, maka sebelum terjadinya runtuh perlu dilakukan pemantuan dengan menggunakan alat yang bernama Tiltmeter agar bisa menganalisa serta dapat memperbaiki dengan baik.

Pemasangan Tiltmeter

Bor pada dinding dengan menggunakan alat bor, lalu masukan angkur atau baut kedalam dinding yang telah di bor tadi, lalu kencangkan baut yang agar tidak jatuh pada saat pemantauan sedang dilakukan. Sambungkan kabel dari tiltmeter ke datalogger agar mempermudah untuk pembacaan di laptop nanti.

Sensor pada tiltmeter akan bekerja pada saat dinding tersebut mendapatkan gaya, dengan begitu nilai tegangan akan terlihat muncul di laptop dengan menggunakan bantuan software. Catat dan simpan data dari pemantauan tersebut agar menjadi referensi pemantuan berikutnya.



Testindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang engineering solution menyediakan layanan otomasi dan upgrade mesin industri yang didukung oleh tenaga ahli dan berpengalaman. Informasi lengkap silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 081399291909, Email: sales@testindo.com