• img
16 October 2018

Pengamatan Kondisi Bendungan Air Dengan Piezometer

Ada 2 hal yang harus dilakukan dalam pengamatan bendungan yaitu pemeriksaan instrumentasi bendungan dan melakukan inspeksi secara visual, acuan yang digunakan yaitu Pedoman Inspeksi Bendungan.

Salah satu jenis penelitian/pengamatan yang wajib dilakukan untuk menghindari terjadinya kebocoran pada bendungan yaitu dengan mengamati tekanan air pori menggunakan Piezometer. Alat ini dipasang untuk mengamati tekanan air pori pada 2 bagian bendungan yaitu tekanan air pori pada bagian pondasi dan tekanan air pori pada bagian tubuh bendungan.

Piezometer untuk Mengamati Tekanan Pori Air pada Pondasi

Dengan menggunakan piezometer maka setiap perubahan tekanan pori air yang ada di hulu ataupun di hilir grouting tirai. Misalkan, jika tekanan air pori yang sedang diamati secara tiba-tiba menyesuaikan dengan perubahan elevasi muka air pada waduk, berarti terjadi indikasi kebocoran antara timbunan dan pondasi. Namun, dibutuhkan analisis lebih lanjut untuk menjelaskan kondisi ini.

 

Piezometer untuk Mengamati Tubuh Bendungan

Tekanan air pori pada inti bendungan bisa bertambah sewaktu-waktu yang disebabkan oleh rembesan ataupun pergeseran. Penambahan air pori yang secara tiba-tiba dapat mengurangi kekuatan material bendungan sehingga dapat menimbulkan kerusakan.

 

Jika terjadi penurunan tekanan air pori secara tiba-tiba maka bisa dipastikan terjadi keretakan yang terus berkembang, jika dibiarkan dapat membuat bendungan menjadi jebol. Maka dari itu, jika pengukuran tinggi pada piezometer tiba-tiba tidak sesuai dengan plot data yang ada maka petugas pemantauan atau monitoring harus segera mengambil tindakan.

 

Penyebab lain terjadinya kebocoran pada tubuh bendungan yaitu terjadinya keretakan pada zona inti bendungan. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan penurunan pada inti bendungan sehingga tekanan air semakin kuat dan membuat bendungan retak.



Testindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang engineering solution menyediakan layanan otomasi dan upgrade mesin industri yang didukung oleh tenaga ahli dan berpengalaman. Informasi lengkap silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 081399291909, Email: sales@testindo.com