piezometer

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang beberapa macam dari piezometer secara ringkas. Seperti yang kita ketahui piezometer adalah alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran desakan cairan statis di dalam sebuah sistem, dengan mengukur tinggi dari eskalasi cairan melawan grafitasi, atau perangkat yang mengukur tekanan (Kepala pisometrik) air tanah pada daerah tertentu.

Prinsip Kerja

Untuk prinsip kerja pada piezometer ini dengan menggunakan diafragma sensiif tekanan dengan menggunakan kawat bergetar yang terpasang pada alat. Diafragma kemudian akan dilas ke kapsul yang sudah tertutup dengan rapat.

Tekanan fluida yang dihasilkan akan bekerja pada permukaan luar diafragma yang akan menyebabkan defleksi diafragma dan menyebabkan perubahan pada tegangan dan frekuensi pada kawat bergetar. Frekuensi yang dirasa berubah akan ditransmisikan menuju perangkat pembacaan oleh kumparan listrik yang akan bekerja pada dinding kapsul.

Piezometer akan mencampurkan batu berporos di area depan diafragma, yang akan memungkinkan cairan melewati daerah tersebut namun akan mencegah partikel tanah menimpa langsung daerah diafragma.

Piezometer dengan Seri 4500 memiliki stabilitas dan keadanlan jangka panjang yang luar biasa. Panjang kabel yang mampu mencapai beberapa kilometer ini tidak akan menyebabkan permasalahan pada sinyal output dan tidak akan terpengaruh oleh perubahan resistensi kabel yang disebabkan oleh splicing, perubahan pada panjang, hambatan kontak terminal dll.

Termistor yang terletak di rumah (Housing) dapat memungkinkan pengukuran suhu pada lokasi piezometer.

Konstruksi baja yang tahan terhadap karat atau titanuim dan evakuasi pada kapsul akan menjamin tingkat ketahanan korosi yang tinggi. Tabung pelepasan gas integral di dalam main housing akan melindungi dari kerusakan petir.

Standar untuk filter yang berpori terbuat dari baja yang tahan terhadap karat yang disinter. Ventilasi udara keramik juga tersedia untuk digunakan di dalam pengaplikasian yang mensyaratkan agar udara tidak masuk melalui filter.

Beberapa Jenis Dari Piezometer

Model 4500S/SV/SH/AL/ALV Standard Piezometers

Untuk piezometer dengan model ini sudah dirancang untuk melakukan pengukuran tekanan fluida seperti pengukuran pada ketinggian air pada tanah dan tekanan pori ketika langsung ditanamkan pada tanggul. Alat ini juga cocok untuk pemasangan pada lubang bor, sumur pengamat standar pipa riser piezometer.

Alat ini juga dibuat untuk rentang tekanan rendah, versi vented akan memberikan kompensasi otomatis untuk perubahan barometrik. Termistor akan disertakan untuk pengukuran pada suhu.

Model 4500B/BV/C Small Diameter Piezometers

Piezometer ini di desain agar memungkinkan untuk otomatisasi standpipes piezometer yang memiliki diameter yang kecil. Alat ini cocok untuk pipa yang memiliki diameter 19mm dan 12mm

Model 4500DP Drive Point Piezometers

Piezometer dengan jenis ini memiliki tranduser yang terletak di dalam housing dengan ulir batang bor EW dan nose cone yang dapat diliepas. Ketika berulir menuju batang bor EW, unit dapat didorong langsung menuju ke tanah lunak dengan menggunakan sinyal yang terletak di dalam batang bor.

Untuk model ini sangat cocok digunkan pada tanah liat lunak dan tempat pembuangan sampah. Piezometer ini dapat dipulihkan pada akhir waktu pengerjaan. Model yang lain juga tersedia yang serupa dengan alat ini namun dengan menggunakan benang metrik standar yang memungkinkan untuk melakukan pemasangan menggunakan cone penetrometer dengan menggunakan adaptor.

Model 4500HD Heavy Duty Piezometer

Alat ini sudah di desain untuk penguburan tanah pada tanggul dan juga bendungan. Alat ini digunakan bersamaan dengan kabel lapis baja untuk menahan pergerakan tanah selama berjalannya konstruksi.

Model 4500H/HH Pressure Transducers

piezometer

Disuplai dengan 18-18 female NPT dan 7⁄16-20 60 tekanan medium female untuk memungkinkan tranduser dapat disambungkan langsung menuju saluran tekanan hidrolik atau pneumatic.

Model 4500HT High Temperature Piezometer

piezometer

Piezometer ini sudah dirancang untuk pengaplikasian pada suhu yang mencapai hingga 230 derjat C. Hal ini dikarenakan alat ini sudah dilengkapi dengan kabel berisolasi dengan mineral dan kabel teflon di dalam tabung stainless steel.

Model 4500Ti Titanium Piezometer

piezometer

Di desain khusus untuk di lingkungan yang sangat korosif contoh seperti tempat permbuangan sampah dan bidang resapan. Alat ini juga digunakan pada daerah kritis yang membutuhkan ketahanan dalam jangka panjang seperti di dalam penyimpanan limbah nuklir dan tailing tambang yang agresif. Semua permukaan nya terbuat dari titanium.

Model 4580 Barometer & Pressure Transducers

piezometer

Transduser dengan model ini khusus untuk pengukuran tekanan fluida yang sangat rendah, seperti ketinggian air tanah di dalam sumur, bendung, flume dll. Perubahan ketinggian air yang dapat diukur hanya 0,2 mm.

Model 4500AR Autoresonant Piezometer

piezometer

Piezometer dengan jenis ini digunakan dengan sistem akuisisi data yang sudah ada sebelumnya, sehingga tidak mampu melakukan pembacaan standar pada kawat sensor getar. Alat ini juga dapat digunakan pada dinamis frekuensi rendah.

Model ini diberdayakan dengan menggunakan pasokan 6-24 VDC, yang menghasilkan output gelombang 5 V persegi pada frekuensi sensor. Output ini menawarkan kekebalan noise yang sangat baik, dan transmisi sinyal yang ditingkatkan melalui kabel panjang.

Alatujigeoteknik.com Jual Piezometer berkualitas dari Brand Geokon dengan harga yang terjangkau, jika anda tertarik anda dapat menghubungi kami melalui nomor Telepon: (021) 29563045 atau melaui Email: sales.alatujigeoteknik@gmail.com

(sumber : Geokon)

1 thought on “Beberapa Model Piezometer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *