Crackmeter adalah alat uji yang digunakan untuk mengukur keretakan pada kedalaman hingga lebar pada retakan. Salah satu bidang nya yang mampu mendeteksi kemungkinan adanya kecacatan (flaw). Yang diantaranya dengan cara memakai pendeteksi suara yang  mampu mendeteksi pada saat pengujian pada material. Dengan menggunakan suara ultrasonik, data yang dihasilkan pun sangat cepat sehingga mempermudah pekerjaan.

Retak itu sendiri bisa diartikan sebagai kesatuan atau bentuk atau bidang rusak yang membentuk seperti garis terbelah yang menjadi alasan tidak sempurna nya material, yang mana bisa mempengaruhi kualitas sebuah produk.

Crackmeter : Pemantauan Pada terowongan

Banyaknya macam-macam transportasi saat ini, pemerintah sudah membangun MRT (Mass Rappit Transit) guna mengurangi kemacetan pada saat jam sibuk. MRT yang dimaksud adalah kereta bawah tanah yang beroperasi melewati jalur khusus berupa terowongan. Pembangunan terowongan itu pun memakan waktu yang sangat lama, dikarenakan tahap awal dari pembangunan nya dengan melakukan penggalian pada kedalaman yang sudah ditentukan, pembuatan terowongan ini pun harus diperhitungkan mengingat apabila hujan memungkinkan terowongan akan direndam air.

Banjir pada terowongan juga bisa disebabkan oleh keretakan yang terdapat didalam terowongan karena rembesan air, dan jika retakan tersebut dibiarkan terus menerus bukan tidak mungkin tanah disekitar terowongan akan jatuh yang dikarenakan beban yang dipikul oleh tanah tersebut, dan membuat akses kendaraan pun akan terganggu. Pada umumnya retakan pada terowongan terjadi karena material pada dinding terowongan yang kurang bagus sehingga tidak sanggup menerima getaran yang dihasilkan oleh kereta dan menyebabkan keretakan.

Crackmeter Adalah alat yang berfungsi untuk memantau keretakan pada dinding terowongan, alat ini akan memberikan sinyal apabila retakan sudah mencapai titik batas tertinggi.

Sebelum melakukan pemasangan crackmeter, dinding terowongan harus di lubangi menggunakan bor lalu dipasangkan alat ini. Crackmeter tersambung ke data logger untuk melakukan analisa pada data yang diterima menggunakan software yang sudah terpasang pada laptop.

Pemasangan crackmeter ini pun dibutuhkan tenaga ahli demi menjaga keamanan. Jika analisa sudah dilakukan, perbaikan dinding dikerjakan dengan cara injeksi/suntikan pada dinding agar merapat kembali.

Alat Uji Geoteknik sebagai perusahaan penyedia alat uji menjual crack meter dengan kualitas terbaik. Selain itu kami juga melayani jasa monitoring system menggunakan crackmeter yang didukung tenaga ahli dan berpengalaman.

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami melalui nomor Telepon: (021) 29563045 & Email: sales.alatujigeoteknik@gmail.com Atau bisa juga memanfaatkan layanan fitur chating online yang ada di pojok kanan website ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *