inclinometer

alatujigeoteknik.com – Monitoring dan instrumentasi geoteknik adalah bidang luas yang mencakup menajemen resiko, monitoring kesehatan struktural, pencegahan bahaya dan sistem peringatan dini menggunakan sensor geoteknik. Salah satu intsrument geoteknik adalah inclinometer.

Inclinometer adalah sensor yang mengukur besar kemiringan, ketinggian atau depresi benda sehubugan dengan gravitasi. Sensor kemiringan terdiri dari bermacam jenis dan ukuran.

Apa itu inclinometer?

Inclinometer adalah sensor yang digunakan untuk mengukur besar sudut inklinasi atau deformasi. Bengkok digambarkan dalam presentase drajat mengenai gravitasi. Sensor inclinometer digunakan untuk mengukur kemiringan lereng selama aktivitas seperti tunneling, ekskavasi dan de-watering.

Prosedur pemasangan inclinometer tergantung pada bidang aplikasi. Dapat dipasang secara vertikal untuk memonitoring kemiringan yang terpotong atau gerakan apa pun di dinding dan tanggul penopang. Untuk memonitoring penyelesaian tanah diatas titik tunneling, inclinometer dipasang secara horizontal.

Sensor inclinometer terbagi menjadi beberapa jenis. Setiap sistem inclinometer membutuhkan kombinasi peralatan dan sensor untuk mengukur dan mengumpulkan data.

Apa saja jenis inclinometer?

Manual Inclinometer / Inclinometer Digital

Sistem inclinometer manual terdiri dari komponen berikut :

  • Probe inclinometer
  • Gulungan kabel inclinometer (ditandai setiap 0.5 m / 1 m)
  • Unit pembacaan seluler
  • Aksesoris : Baterai kabel reel, pengisi daya baterai, baterai seluler, pengisi daya seluler

Sistem inclinometer digital merupakan inclinometer yang paling umum digunakan. Untuk probe inclinometer manual, kedua sensor MEMS dipasang 90 derajat satu sama lain (biaksial). Probe berkisar ke kurang lebih 30 derajat dari vertikal.

Data diambil menggunakan aplikasi traversing. Berikut merupakan komponen inclinometer :

  • Melintasi Probe Inclinometer

Probe inclinometer traversing terdiri beberapa accelerometer pengindraan gravitasi dalam kereta stainless seel. Ini berisi dua set roda bertekanan pegas memandu probe secara akurat pada kedalaman didalam casing.

Jarak antara roda umumnya 0.5 m. Pengukuran dilakukan dalam sumbu A yaitu ke arah roda sumbu B yaitu tegak lurus terhadap sumbu A.

Probe untuk casing horizontal dibuat berbeda. Sensor dipasang untuk mengukur perpindahan vertikal sambil menjaga roda pelacak bagian bawah tetap.

  • Casing Inclinometer

Casing inclinometer digunakan untuk memandu probe dalam casing dengan empat alur roda longitudinal, spasi 90 derajat terpisah. Hanya satu set alur yang digunakan berlawanan dengan arah perpindahan yang digunakan. Casing inclinometer umumnya dipasang ditanah, didalam lubang yang bor dan ruang annular digerus. Namun ada intalasi lai dimana casing tertanam dalam struktur beton. Sambung casing menyegel tanah, nat dan bahan lainnya sambil menjaga alur tetap bersih.

  • Gulungan Kebel Inclinometer

Gulungan kabel inclinometer terpasang di probe pengukur kemiringan dan perangkat pembacaan. Digunakan untuk mengirimkan sinyal listrik selama pengukuran dan berfungsi sebagai kontrol kedalaman yang tepat dan berulang untuk probe.

Kebel memiliki desain yang berbeda dan dibangun untuk memberikan stabilitas longitudinal jangka panjang. Berfungsi sebagai pita pengukur, dibuat agar tahan lama, tahan air, tidak melar, tidak menyusut dengan resistensi torsi tinggi.

In-Place Inclinometer

Inclinometer In-Place terdiri dari komponen berikut :

  • Perakitan roda bawah
  • Di tempat sensor Inclinometer
  • Space tubing (panjang : perlu ditentukan sesuai kebutuhan)
  • Penempatan tabung (bagian paling atas)
  • Kit suspensi
  • Penutup pelindung
  • Kotak persimpangan
  • Data Logger : ESDL-30

Untuk apa pemasangan Inclinometer?

  • Memantau Kinerja Struktur Penahan

Kinerja struktur penahan, seperti dinding pile sheet, dinding pile soldier atau sistem earth stabilized earth (MSE) sangat dipengaruhi oleh tekanan lateral atau gerakan tanah. Deformasi pada struktur penahan dapat terjadi selama dan setelah kontruksi. Sistem inclinometer dirancang untuk mengukur besarnya kemiringan dan deformasi diferensial di belakang atau di dalam permukaan dinding.

  • Pemantauan Longsor

Penentuan kedalaman dan ketebalan zona geser, besaran, laju dan arah gerakan tanah longsor adalah aspek penting daru pemantauan tanah longsor. Selubung inclinometer dipasang didalam lubang bor, dibeberapa lokasi, tergantung pada ukuran tanah longsor.

  • Memantau stabilitas lereng

Kemiringan yang terpotong atau terisi tanggul dapat dipantau stabilitasnya selama dan setelah konstruksi. Dalam kasus seperti itu, selubung inclinometer dipasang di dalam lubang bor, mirip dengan pemantauan tanah longsor.

  • Memantau Penggalian

Dampak penggalian dipantau untuk mempelajari pengaruhnya terhadap struktur di dekatnya, utilitas, dan fasilitas penting lainnya. Dalam kasus seperti itu, selongsong inclinometer ditempatkan di dalam lubang bor vertikal yang terletak di antara batas penggalian dan fasilitas terdekat.

Casing inclinometer juga dapat dipasang di sistem penggalian.

  • Pemantauan selama pengeboran terowongan

Inclinometer dapat digunakan untuk memantau pergerakan tanah yang menghilangkan stres dan kemungkinan perpindahan blok batuan selama pembangunan terowongan dan poros. Gradient meter digunakan untuk memverifikasi kecukupan dukungan tanah, mendeteksi potensi kelemahan dalam pendekatan konstruksi, dan berfungsi sebagai sistem peringatan untuk potensi kegagalan tanah.

  • Memantau kinerja tiang pancang dan bor

Inclinometer dapat digunakan untuk mengukur deformasi fondasi dalam yang dikenai beban lateral yang besar. Casing sensor level meter / kemiringan dapat tertanam di dalam atau melekat pada elemen struktural.

Alatujigeoteknik.com sebagai perusahaan penyedia alat-alat pengujian menjual alat instrument inclinometer dan jasa instalasi inclinometer dengan harga terjangkau dan berkualitas. Untuk informasi lebih lanjut hubungi :

Phone : 021-2956-3045

Whatsapp :0822 5870 6420 (Anto) | 0813 9929 1909 (Fikri)

Email : sales.alatujigeoteknik@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *