jual extensometer dan jasa instalasi extensometer

alatujigeoteknik.com – Extensometer adalah alat elektronika yang berfungsi mengatur pergeseran tanah pada sebuah permukaan yang memiliki kerawanan terhadap terjadinya bencana longsor. Extensometer juga memiliki sensor yang daya tahan terhadap perubahan cuaca bahkan cuaca ekstrem.

Prinsip kerja pada extensometer :

Extensometer merupakan alat yang dirancang untuk melakukan pengukuran perubahan pada daya jarak antara eyebolt yang dipasang pada dinding terowongan, struktur ataupun lereng yang tidak dalam keadaan stabil.

Extensometer menggunakan tape stainless steel yang sebelumya telah dilubangi pada jarak yang sudah tepat, yang kemudian rekaman akan disimpan didalam sebuah bingkai, bingkai ini menampung mikrometer digital dan alat pengencang elektronik lainnya.

Pada saat penggunaan, pengait yang terletak di ujung selotip akan dipasangkan pada eyebolt pertama, kemudian akan dilepaskan hingga pengait yang terletak pada ujung tape extensometer dapat dijepit ke 2 buah eyebolt.

Setelah terjadi pengunduran pada tape dan juga bingkai, selanjutnya diletakkan pasa suatu lubang. Pegangan yang terdapat pada Tape-Tensoning akan diputar, bertujuan agar memperpendek panjang dari frame dan juga meningkatkan ketegangan di tape. Apabila ketegangan yang diinginkan telah tercapai maka alat akan menunjukkan reaksi dengan menyalakan lampu hijau atau lampu merah, setelah itu mikrometer dapat terbaca. Prosedur tersebut akan dilakukan pengulangan hingga terlihat perbedaan hasil dalam pembacaan, setelah didapatkan, perbedaan tersebut akan menjadi ukuran perubahan jarak yan terjadi kedua eyebolt.

Beberapa Jenis Yang Terdapat Pada Extensometer :

  • Single, Point, Rod, Mechanical : Alat ini digunakan untuk melindungi para pekerja di tambang, jika ada getaran atau pergeseran tanah maka alat ini akan berfungsi sehingga tidak ada kecelakaan yang terjadi pada tambang.
  • Multiple Point, Rod, Groutable : Alat ini berguna untuk membantu proses pengerjaan sumur, biasanya alat ini di pasang pada lubang bor ke arah bawah.
  • Multiple Point, Rod, Snap ring : Alat ini mempunyai kemiripan dengan alat yang sebelumnya, alat ini dapat mengcengkram lubang bor sampai delapan jangkar dan di pasang dalam berbagai jenis kedalaman.
  • Multiple Point, Rod, Hydraulic : Alat ini digunakan untuk sistem hidrolic pada permukaan tanah yang lunak dan permukaan yang kasar.
  • Multiple Point, Rod, Flexible : Alat ini sangat fleksibel untuk digunakan pada lubang bor, alat ini dapat memonitoring pergerakan pada tanah.
  • Multiple Point, Retrievable : Alat ini mampu memonitoring pada balok, kolom pada sebuah bangunan, cara kerja alat ini adalah lubangi beton tersebut menggunakan bor kemudian masukan alat ini pada lubang.
  • Magnetic Extensometer : Alat ini digunakan untuk mengukur kedalaman tanah yang telah di bor, Sebuah probe diturunkan di dalam tabung pemandu teleskop untuk mendeteksi dan mengukur posisi jangkar magnetik.
  • Tape Extensometer : Alat ini bisa menghitung pergeseran tanah dan juga untuk menghitung deformasi pada struktur beton bangunan.
  • Settlement Point (Borros Type) : Alat ini memiliki jangkar bertangkai tiga, pipa luar dan dalam, pipa bagian dalam menempel pada anchors dan bebas bergerak melalui pipa luar.
  • Anchors : Alat ini dapat di gunakan untuk pengerjaan struktur bangunan yang berhubungan dengan materi tanah dan bebatuan untuk bagian dari strukturnya.

alatujigeoteknik.com sebagai perusahaan penyedia alat-alat pengujian menjual extensometer dan jasa instalasi extensometer dengan harga terjangkau dan berkualitas. Untuk informasi lebih lanjut hubungi :

Phone : 021-2956-3045

Whatsapp :0822 5870 6420 (Anto) |0813 9929 1909 (Fikri)

Email : sales.alatujigeoteknik@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *