Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang extensometer beserta dengan prinsip operasinya

Prinsip Operasi

Alat ini dirancang untuk melakukan pengukuran perubahan pada jarak antara eyebolt yang dipasang pada dinding terowongan, struktur, lereng yang tidak stabil dll.

Alat ini menggunakan tape stainless steel yang sudah dilubangi pada interval yang sudah tepat. Kemudian rekaman akan disimpan di dalam sebuah bingkai, yang juga akan menampung mikrometer digital dan alat pengencangan elektronik.

Di dalam penggunaanya, pengait yang terletak pada ujung selotip akan dipasangkan pada eyebolt pertama dan kemudian selotip akan dilepaskan hingga pengait pada ujung tape extensometer dapat dijepitkan ke eyebolt kedua.

Pengenduran pada tape dan pin pada bingkai kemudian akan diletakkan pada salah satu lubang di pita. Pegangan tape-tensioning diputar guna memperpendek penjang dari frame dan meningkatkan ketegangan pada tape. Ketika tegangan yang benar sudah tercapai yang akan ditunjukkan oleh sistem dengan lampu merah dan hijau, mikrometer digital akan terbaca.

Prosedur tersebut akan diulang sehingga akan menghasilkan perbedaan dalam pembacaan. Perbedaan tersebut akan menjadi ukuran perubahan jarak anatara kedua eyebolt.

Keuntungan Dan Keterbatasan

Model dari alat ini menggunakan machine-punched tapes. Panjang tape dan selubung akan dikontrol secara hati-hati selama pembuatan tape ke 2 sedang berlangsung, kemudian tape extensometer dapat dipertukarkan. Kaset yang rusak maupun pecah dapat diganti kembali tanpa kehilangan data yang kontinuitas.

Extensometer dengan model ini memiliki pegangan gulungan yang ramah pengguna guna untuk meregangkan tape yang bisa mengurangi banyak waktu dan upaya yang diperlukan untuk melakukan pembacaan.

Tagangan tape yang benar akan ditunjukkan dengan indikator tegangan elektronik, yang akan menghilangkan kebutuhan untuk menyelaraskan tanda indeks dengan mata. Kurasi hingga 0,1 mm sangat mudah untuk dicapai.

Tidak seperti kondisi bawah tanah lainnya, alat pembaca digital lebih mudah digunakan daripada indikator dial. Akan tetapi, tampilan akan sedikit lebih kabur apabila alat berada langsung dibawah sinar matahari.

Untuk menjaga kondisi extensometer tetap utuh sangat direkomnedasikan untuk menghadiri layanan pemeliharaan tahunan.

Alatujigeoteknik.com Jual Extensometer berkualitas dari Brand Geokon dengan harga yang bersahabat. Jika anda tertarik anda dapat  menghubungi kami melalui nomor Telepon: (021) 29563045 atau melaui Email: sales.alatujigeoteknik@gmail.com

1 thought on “Prinsip Kerja Pada Tape Extensometer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *