• img
08 October 2018

Layanan Loading Test

Load test adalah pengujian terhadap suatu bangunan menggunakan beban yang beratnya sudah ditentukan. Beberapa objek bangunan yang harus melewati tahap pengujian beban atau load test yaitu pondasi, jembatan, gedung dan lainnya. Tujuan dari pengujian ini adalah untuk mengetahui maksimal beban yang diterima oleh bangunan dan menganalisa seberapa besar pengaruhnya terhadap bangunan.

Dengan melakukan load test maka suatu bangunan bisa ditentukan apakah layak atau tidak untuk beroperasi. Metode pengujian ini terbagi menjad 2 yaitu uji static dan uji dynamic.

 

load test uji beban dinamis

Uji Beban Dinamis (Dynamic Load Test)

Uji Dinamis (Dynamic) = Pengujian beban menggunakan beban yang bergerak. Misalkan pada jembatan, uji beban menggunakan truk berisi muatan kemudian dijalankan melewati balok kayu yang sudah disiapkan. Ketika truk melewati balok maka roda akan menghantam atau membentur aspal. Benturan inilah yang nantinya akan dianalisa menggunakan alat khusus untuk load test.

 

load test static

 

Uji Beban Statis (Static Load Test)

Uji Statis (Static) = Pengujian ini hanya menggunakan benda yang sifatnya diam, tidak berubah arah, intensitas ataupun garis kerjanya. Contohnya, uji beban statis pada jembatan yang menggunakan banyak truk dengan muatan yang masing-masing beratnya kurang lebih 40 ton. Truk tersebut disejajarkan sepanjang jembatan. Kemudian akan diukur dan dianalisa seberapa besar pengaruhnya terhadap jembatan.

Mengapa Testindo Menjadi Partner yang Tepat untuk Melakukan Load Test ?

PT Testindo adalah perusahaan control dan monitoring system yang sudah memiliki pengalaman di berbagai proyek sejak tahun 2006.

Load Test Jembatan >> SHMS dan Load Test Jembatan Kukar, Tengarong – Kalimantan Timur, 2015

>> SHMS dan Load Test Jembatan Tayan, Pontianak – Kalimantan Barat, 2015

>> SHMS dan Load Test Jembatan Kamojang, Bandung – Jawa Barat, 2016

>> SHMS dan Load Test Jembatan Mahkota II, Samarinda – Kalimantan Timur, 2017

Masih banyak lagi proyek yang belum kami cantumkan. Testindo sudah banyak melakukan pengujian dan menyajikan data-data jembatan baru sebelum diresmikan. Foto di bawah ini merupakan foto bersama Tim KKJT-Kementerian PU Komisi Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan.

Instrument apa yang digunakan oleh Testindo untuk Load Test?

Instrument pengujian yang digunakan PT Testindo berupa alat khusus yang sudah terhubung dengan software khusus yang sudah sesuai standart pengukuran.

 

Monitoring View

 

software load test monitoring view

 

Load Test Monitoring

 

Load Test Monitoring

 

Software FFT Analysis

 

Software load test Testindo

 

Penerapan Alat dan Software pada Proyek

 

Monitoring View Kukar Bridge

monitoring kukar load test jembatan

 

 

Monitoring View Tayan Bridge

monitoring jembatan load test tayan



Testindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang engineering solution menyediakan layanan otomasi dan upgrade mesin industri yang didukung oleh tenaga ahli dan berpengalaman. Informasi lengkap silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 081399291909, Email: sales@testindo.com