Ground Penetrating Radar atau GPR adalah metode elektromagnetik untuk mendeteksi apa yang ada di bawah tanah. Metode ini bersifat non-destructive (tidak merusak material yang diuji), metode ini dilakukan dengan memanfaatkan radiasi elektromagnetik dalam pita gelombang mikro (frekuensi UHF / VHF) dari spektrum radio, dan mendeteksi pantulan sinyal dari struktur bawah tanah. Dalam menggunakan GPR, ternyata ada beberapa aspek dasar yang perlu Anda ketahui, apa saja itu? Simak artikel berikut ini.

Ground Penentrating Radar (Georadar) bekerja dengan mengirim atau mentransmisikan pulsa energi ke material bawah tanah yang sedang diselidiki dan merekam sinyal yang dipantulkan kembali. Sinyal balik ini berisi informasi seperti kekuatan sinyal dan refleksi dalam aliran sinyal. Beberapa pulsa energi digunakan untuk membuat profil atau pemindaian data dan refleksi dihasilkan ketika pulsa energi yang ditransmisikan bersentuhan dengan material lain dengan sifat listrik yang berbeda.

ground penetrating radar, jual ground penetrating radar, gpr, jual gpr, georadar, aspek dasar gpr

Material – material lain ini dapat memantulkan dan / atau menyerap beberapa pulsa energi dan sifat listrik yang berbeda atau Relative Dieletric Permittivity membuat kontras dalam data karena amplitudo pantulan bervariasi karena faktor ini. Alat GPR mengubah sinyal balik ke format digital dan merekamnya ke harddisk sistem yang dapat diakses untuk tujuan tampilan dan untuk melakukan tugas pasca-pemrosesan.

Dalam menggunakan Ground Penetrating Radar, Anda perlu mengetahui beberapa aspek dasar GPR berikut sebelum menggunakannya:

Perhatikan Cuaca

Sebelum melakukan survey georadar, pastikan untuk mengecek terlebih dahulu cuaca di lokasi surveynya, karena cuaca hujan akan mempengaruhi hasil karena akan mengubah kontur tanah. Pastikan cuaca sedang cerah saat ingin melakukan pengerjaan GPR.

Perhatikan Baterai

Pastikan baterai Ground Penetrating Radar cukup untuk melakukan survey sampai selesai, bawa baterai cadangan jika bisa. Begitu juga dengan laptop atau PC, pastikan baterainya cukup.

Pastikan Kabel dalam Kondisi Baik

Dalam melakukan survey GPR, Anda harus memastikan bahwa semua kabel penghubung dalam kondisi yang baik dan tidak rusak. Selalu bawa cadangan kabel, apalagi jika survey yang Anda lakukan menggunakan komputer dan antenna.

Periksa Tekanan Ban GPR

Pastikan tekanan ban alat Ground Penetrating Radar yang Anda gunakan sesuai dengan tekanan yang benar. Ini akan memastikan bahwa putaran ban sudah benar untuk melakukan pengaturan kalibrasi roda enkoder.

Lakukan Kalibrasi Pada Ban Ground Penetrating Radar

Setelah memeriksa tekanan ban, lakukan lah kalibrasi pada roda GPR sesuai dengan kondisi lokasi survey. Simpel dan tidak memakan waktu, ditambah dapat mengurangi terjadi penyimpangan linier saat melakukan pengerjaan

Survey ke Lokasi Pengerjaan

Yang terakhir adalah cek kondisi lapangan. Rencanakan data apa saja yang akan Anda ambil, buat catatan, dan foto kondisi lokasi pengerjaan.

Itulah 6 Hal yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan Ground Penetrating Radar. Pastikan semuanya telah sesuai sebelum Anda melakukan survey GPR.

Alatujigeoteknik.com jual ground penetrating radar merk Leica yang tentunya berkualitas dan terjamin. Ditambah dengan software-nya yang canggih dapat membantu Anda melihat hasil survey langsung di lokasi pengerjaan.

Jika tertarik ingin membeli Ground Penetrating Radar, Anda bisa menghubungi kami via chat online yang sudah tersedia di website ini atau langsung menghubungi di nomor 0813 9929 1909 (Bpk. Zulfikri).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *