digital inclinometer system

alatujigeoteknik.comDigital inclinometer system menggunakan ponsel android yang memiliki antarmuka nirkabel bluetooth sebagai perangkat pembacanya. Perangkat android terbaru mempunyai layar 800 x 480 pixel yang besar dengan layar sentuh responsif yang memudahkan membaca digital inclinometer system saat masuk ke lubang bor.

Unit pembacaan mencatat profil lubang bor sampai kedalaman 300 meter dengan kenaikan 0,5 atau 1.0 meter / hingga 999 kaki dalam kenaikan 2,0 atau 4,0 kaki, menggunakan inclinometer biaksial atau uniaksial.

Apa Itu Digital Inclinometer System ?

digital inclinometer system

Digital inclinometer system memberikan data kuantitatif yang signifikan tentang besarnya kemiringan dan variasi terhadap waktu. Memberikan informasi lengkap tentang pola deformasi dan efektivitas tindakan pengendalian kontruksi.

Sistem inclinometer membantu dalam memonitoring perilaku setelah kontruksi dan menampilkan kondisi yang berpotensi berbahaya yang dapat mempengaruhi stabilitas struktur, pondasi dan area disekitarnya.

Digital Inclinometer System digunakan untuk mengukur gerakan leteral dalam aplikasi seperti :

  • Pergerakan tanah di zona longsor
  • Mendeteksi bidang geser pada struktur hidrolik
  • Mengukur stabilitas selama kontruksi
  • Defleksi diagfragma / dinding penahan dan tiang pancang dibawah beban.

Secara umum alat ini terdiri dari :

  • Akses casing dan perlengkapannya
  • Probe kemiringan
  • Kebel koneksi dengan rel dan penahan kabel
  • Pencatat data ponsel

Bagaimana Cara Kerja Digital Inclinometer System Sebagai Pengukur Kemiringan ?

inclinometer

Probe inclinometer menggunakan akselerometer untuk mengukur sudut kemiringan dari garis vertikal atau bidang horizontal yang sebenarnya terhadap permukaan tanah. Akselerometer merupakan pengukur perubahan akselerasi akibat gravitasi yang dirasakan olehnya saat berputar pada sumbu horizontal.

Baca Juga : INI CARA PEMASANGAN INCLINOMETER SESUAI STANDAR

Akselerometer mengalami akselerasi meksimum jika sumbu sensitifnya benar-benar vertikal dan akselerasi minimum saat sumbu sensitifnya benar-benar horizontal.

Dalam probe inclinometer vertikal, akselerometer internal dipasang sedemikian rupa sehingga ketika probe inclinometer benar-benar vertikal, sumbu sensitif akselerometer sejajar secara vertikal.

Dalam probe inclinometer horizontal, sumbu akselerometer disejajarkan secara vertikal saat probe disejajarkan disepanjang bidang horizontal yang sebenarnya. Saat akselerometer berputar pada sumbu horizontal di sepanjang bidang vertikal, outputnya berubah secara proposional ke sinus sudut yang dibuat sumbu sensitifnya dari vertikal sebenarnya.

Jadi, output iclinometer umumnya proposional dengan sinus sudut kemiringan daripada sudut kemiringan probe inclnometer itu sendiri. Namun, variasi hukum sinus dari output probe inclinometer ini lebih berguna karena perhitungan selajutnya untuk menentukan profil tanah menggunakan sinus dari sudut kemiringan.

Probe inklinometer vertikal uniaksial dapat mengukur kemiringan sepanjang bidang vertikal yang melewati sumbu probe. Probe inklinometer biaksial dapat mengukur kemiringan secara independen di sepanjang dua bidang vertikal yang ortogonal satu sama lain, dengan garis perpotongannya bertepatan dengan sumbu probe inklinometer.

Probe inklinometer horizontal umumnya digunakan untuk mengukur kemiringan sepanjang bidang vertikal yang melewati sumbu inclinometer. Akselerometer kedua sering kali disediakan untuk mengukur kemiringan sepanjang bidang tegak lurus terhadap sumbu probe inklinometer horizontal sehingga setiap putaran probe horizontal selama lintasan dapat dideteksi dan koreksi untuk hal ini diterapkan.

ALATUJIGEOTEKNIK.COM sebagai perusahaan penyedia alat-alat pengujian jual Digital Inclinometer System dengan harga terjangkau dan berkualitas dan jasa instalasi Digital Inclinometer System. Untuk informasi lebih lanjut hubungi :

PT Testindo | Alatujigeoteknik.com
Jl.Radin Inten II No 61B Duren Sawit Jakarta Timur
Whatsapp : +62 815-6141-954 (Zulfikri)
Whatsapp : +62 822-5870-6420 (Anto)
Email: sales.alatujigeoteknik@gmail.com
Telp: (021) 2956 3045

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *