Alatujigeoteknik.comPada artikel kali ini saya akan membahas tentang Inclinometer Sebagai Alat Pengukur Kemiringan Pada Tanah, Inclinometer adalah alat konstruksi yang berguna untuk menganalisa kemiringan pada tanah, contohnya pada tanah yang  memiliki potensi longsor, terowongan, bendungan dan lainnya. tanah-tanah tersebut termasuk tanah yang tidak bisa diukur dengan kasat mata karena pergerakan dan kemiringannya berada di dalam tanah sehingga harus menggunakan inclinometer.

Lalu secara global, inclinometer atau alat pengukur kemiringan ini digunakan sebagai pengukur lateral deformation. Karena itu, alat ini sering kali dipakai  pada pengukuran kecepatan dan besar pergerakan tanah. Setelah hasil pengukuran tersebut dapat menjadi informasi dari lokasi atau titik yang mengalami ktiris akibat dari pergerakan tanah yang ada pada monitor. alat ukur kemiringan tanah juga bisa digunakan pada pile load test dengan maksud mengukur defleksi pada tanah lunak akibat beban yang ada diatasnya.

Ada 2 jenis dari inclinometer, yang pertama ada pendulum-actuated wheatstone circuit dengan tingkat sensifitas 1 inch/100 ft. Lalu jenis yang kedua yaitu alat yang dilengkapi dengan servoaccelerometer dengan sensifitas 0.0001 ft/2 ft casing. Namun jenis yang kedua ini sangat jarang sekali dipakai di dunia industri Indonesia.

Dan sekarang ada digital inclinometer yang sudah dilengkapi dengan kabel penghubung sensir dan monitor berupa perangkat android. Dan untuk memasukan inclinometer manggunakan pipa ABS yang terbuat dari bahan yang elastis, kuat sehingga mampu memudahkan kabel masuk ke dalam lubang galian,

Alat ini mampu mempermudah para kontraktor dalam menentukan kemiringan dan juga menganalisa apabila terjadi pada pergerakan tanah. Selain itu, panduan instalasi peralatannya pun bisa dibilang mudah, bahkan sudah ada panduan instalsi nya dalam bentuk video.

Prinsip kerja dari alat ini pun dinamakan dengan casing inclinometer dalam ketentuan yang sudah ditentukan akan terjadi pergerakan untuk mendapatkann suatu informasi pergerakan di kedalaman yang tertentu, pada saat terjadi pergerakan, maka profil casing yang sudah tertanam akan mengikuti pergerakan yang akan terjadi, maka  kita dapat mengetahui besar dari pergerakan tersebut, dan arah tersebut untuk kemudian di monitoring pada pergerakan tanah dengan menggunakan alat “mens digital inclinometer”. Dan proses pengambilan data dilakukan sesuai dengan prosesur yang disesuaikan oleh konsultan.

Alat Uji Geoteknik menyediakan pelayanan jasa instalasi inclinometer silakan hubungi melalui nomor Telepon: (021) 29563045 & Email: sales.alatujigeoteknik@gmail.com Atau bisa juga memanfaatkan layanan fitur chating online yang ada di pojok kanan website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *