inclinometer

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang seluk beluk sensor yang bernama inclinometer. Yang pada umumnya kita tahu, inclinometer dikenal sebagai alat konstruksi yang berguna untuk menganalisa kemiringan pada tanah, contohnya pada tanah yang  memiliki potensi longsor seperti pada dinding terowongan, bendungan dan lainnya. Dengan akurasi yang tinggi sensor ini memiliki peminat yang tinggi dibandingkan dengan kebanyakan sensor lainnya. Tapi apakah mereka tahu rahasia dibalik inclinometer? Disini akan kita bahas satu-persatu

Inclinometer diproduksi pertama kali pada tahun 1957. Awalnya inclinometer ini digunakan untuk memonitoring pergerakan pada daerah Greenland. Operator pertama yang menjalankan alat ini sekaligus yang menjadi penemu dari alat ini bernama Stanley D.Wilson beliau jugalah sang pendiri dari perusahaan Slope Indikator.

Inclinometer sendiri pada umumnya akan mengacu pada penamaan suatu sistem yang memiliki fungsi sebagai pengawas atau monitoring pada pergerakan tanah bumi dan struktur tanah. Inclinometer juga bisa digunakan untuk melakukan pengawasan lainnya seperti pengawasan pada sebuah proyek konstruksi

Inclinometer merupakan salah satu sensor yang memiliki akurasi yang tinggi,  untuk penggunaan nya pun inclinometer dapat diaplikasikan pada daerah yang memiliki pergerakan tanah yang tidak normal ataupun daerah yang baru saja tekena dampak dari pergerakan tanah, seperti longsor dll. Di dalam pengaplikasiannya pun tidak terlalu sulit dilakukan, untuk melakukan pengaplikasian tentu dibutuhkan tenaga ahli demi menjaga keamanan alat dan keselamatan para pekerja.

Dan sekarang sudah tersedia alat yang bernama “Digital Inclinometer” yang mampu mengubah tegangan analog menjadi sinyal digital. Dengan Model GK-604 alat ini dihadirkan dengan paket komplit yang sudah mencakup probe inclinometer dan digital model 6100D.

Di dalam pengaplikasian nya, digital inclinometer menggunakan casing inclinometer untuk melakukan penahanan dan penarikan pada roda pegas. Setiap peningkatan akan dilakukan pembacaan pada probe yang menjauh secara vertikal. Jarak kenaikannya akan ditentukan dengan meggunakan spidol logam yang sebelumnya sudah dikerutkan. Untuk memulai perekaman dilakukan dengan cara menekan tombol enter pada monitor, setelah itu tarik keluar selubung dengan memutar nya 180° dan menurunkannya kebawah kemudian mengulangi prosedur.

Untuk katrol kabel bisa digunakan dengan menggunakan casing apabila situasi casing inclinometer sudah berada di dalam tabung pelindung.

Untuk inclinometer probe sendiri adalah alat yang memiliki 2 sensor yang akan berorientasi untuk melakukan pengukuran pada 2 sumbu ortogal pada kisaran 30 derajat. Sensor kemiringan MEMS pun sanggup menahan guncangan dengan kekuatan 2000 g. Akan tetapi, bantalan karet yang terdapat pada bagian bawah probe tidak dapat membantu untuk meredam pukulan probe, dan secara tidak sengaja membiarkan bagian bawah dari casing casing berlekuk. Ketika memegang probe harus dilakukan dengan hati-hati dan harus melakukan perawatan rutin pada alat.

Pada bagian bawah terkhusus roda akan dilumasi dengan tujuan untuk menjaga ketahanan dari benda. Konektor kabel pada bagian atas probe sudah dirancang agar bisa diganti jika terjadi kerusakan. Setelah selesai menggunakan barang tutup kembali konektor dengan tutup pelindung yang sudah disediakan.

Built In Compass ( Survei Spiral )Kompas digital ini dimasukkan ke dalam inclinometer probe yang akan memungkinkan survei akan dilakukan dengan menggunakan probe yang sama. Setelah hasil survei didapati maka hasil tersebut dapat digunakan sebagai sarana untuk memperbaiki sel data

inclinometer yang kemungkinan berada di dalam selubung inclinometer yang sudah terpasang. Data dari survei spiral akan disajikan pada PC yang sama yang digunakan untuk melakukan monitoring.

Prinsip Operasi dari Monitoring

Untuk penggunaan pada PC dengan Model FPC-2 bisa digunakan untuk melakukan pembacaan pada probe inclinometer. Field PC akan melakukan komunikasi dengan interface pada gulungan kabel dengan melalui ternologi nirkabel.

Untuk menyimpan data yang dibaca hanya dengan mengetuk “rekam” atau dengan menekan tombol “enter” pada tampilan PC. Untuk menentukan penyelesaian pada saat dilakukan nya pembacaan, cukup dengan menunggu hingga mengeluarkan suara “bip”. PC lapangan mampu menampilkan jumlah Check pada layar LCD, yakni alat yang berguna untuk memeriksa data survei di lapangan dengan tujuan untuk meminimalisir pada kesalahan pembacaan. FPC-2 juga akan melakukan survei spiral  pada saat yang sama alat juga akan melakukan survei inclinometer normal, kemudian hasil dari survei akan disimpan di dalam file data secara terpisah dengan Model FPC-2 Field PCs dengan akhiran “_COMPASS.”

Fungsi tampilan field pada PC dengan tujuan agar dapat digunakan untuk menampilkan ataupun menyimpan tabel spiral atau yang dapat diekspor bersama dengan data suvei yang standar. Dengan mengetuk iko “kompas” selama survei berlangsung akan memungkinkan judul kompas dapat dilihat kapan saja

Setelah survei selesai dilakukan maka pembacaan yang sudah tersimpan dapat dtransfer menuju ke komputer dimana data akan dikurangi lalu setelah itu akan dilakukan pelaopran data. Terakhir akan dilakukan penyelesaian dengan perangkat lunak.

Untuk field PC itu sendiri sudah dilengkapi dengan hand strap, stylus, kabel singkronisasi, USB, pengisi daya, baterai, CD-ROM, pelindung layar dan buku panduan.

Inclinometer Casing

Prinsip kerja

Casing inclinometer digunakan secara bersamaan dengan semua jenis probe inclinometer dalam melakukan pemantauan pada lereng, potongan batu, pondasi, bendungan dll. Pada bagian selubung akan digabungkan pada daerah permukaan tiang pancang. Casing dan kopling memiliki alur yang di setel pada interval 90 derajat yang disesuaikan dengan roda probe inclinometer dengan tujuan agar menjaga orientasi probe pada saat akan melalui atas maupun bawah casing. Probe juga akan secara akurat dalam melakukan pengukuran pada perubahan sudut kemiringan, dari vertikal hingga setiap bagian-bagian dari selubung. Pada peubahan ini ditambahkan dengan memberikan profil casing.

Casing inclinometer dibuat dengan serat fiber glass dengan bahan yang kuat, ideal dan juga tahan terhadap berbagai lingkungan. Proses pultrusion akan menjamin tidak adanya lekukan pada alur.

Pada daerah skrup teleskop dan casing terpasang dengan sangat rapat. Hal ini memberikat beberapa keuntungan seperti selongsong tidak perlu ujung yang dibuat dengan menggunakan mesin ataupun cetakan khusus, karenanya selongsong bisa dipotong dan juga disatukan pada titik manapun dengan panjang yang diinginkan. Dan juga apabila jika ujungnya rusak koneksi masih dapat dilakukan , seambungan teleskop dapat dibuat dengan mudah menggunakan bagian kopling. Bagian casing ataupun kopling memiliki alur yang membuat probe inclinometer tidak dapat kehilangan orientasinya ketika melewati kopling teleskop.

Casing fiberglass memiliki daya tahan terhadap panas dengan suhu hingga 200 ° C ( 400°  F ) dan casing fiberglass tidak akan berubah bentuk apabila dipanaskan dengan suhu tersebut. Hal ini tentu sangat cocok digunakan sebagai alat pengaplikasian panas bumi.

Alatujigeoteknik Jual Inclinometer inclinometer dengan spesifikasi yang dapat anda lihat DISINI, kami juga melayani jasa insatalasi alat uji, untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami melalui nomor Telepon: (021) 29563045 atau dengan melaui sales kami di Email: sales.alatujigeoteknik@gmail.com

 

( sumber : https://www.geolabnemo.com/hello-world/ )

3 thoughts on “Mengulik Rahasia Inclinometer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *