Bendungan adalah sebuah konstruksi yang dibuat dengan tujuan untuk menahan laju air agar menjadi waduk, danau hingga tempat rekreasi. Bendungan juga digunakan untuk mengalirkan air ke pembangkit listrik tenaga air ( PLTA ). Bendungan juga mempunyai bagian yang dinamakan dengan pintu air yang memiliki fungsi sebagai tempat pembuangan air yang sudah tidak terpakai secara bersakala ataupun dengan cara keseluruhan. Kali ini kita akan membahas tentang pengaplikasian inclinometer pada bendungan.

Pada saat bendungan mengalami keretakan atau bahkan mengalami keruntuhan diakibatkan tidak diketahuinya struktur dari tanah. Hal ini akan berdampak besar, tidak hanya mengalami kerugian pada materi kerugian yang diakibatkan nyawa melayang sia sia juga harus diantipispasi. Sebelum memulai proses pembangunan awal pada bendungan. Harus diketahui dulu struktur dari si tanah, setelah dipastikan tanah baik maka pembangunan dapat dimulai.

Instrument geoteknik juga sudah digunakan untuk menganalisis bendungan bendungan di seluruh dunia, diantaranya sudah digunakan di AS, Cina, Spanyol, Afrika Selatan, Brasil, Republik Ceko, Swiss, Kolombia, Selandia Baru, Kenya, Pakistan, Aljazair, Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Australia.

Inclinometer merupakan salah satu sensor yang memiliki akurasi yang tinggi,  untuk penggunaan nya pun inclinometer dapat diaplikasikan pada daerah yang memiliki pergerakan tanah yang tidak normal ataupun daerah yang baru saja tekena dampak dari pergerakan tanah. Inclinometer merupakan Alat yang digunakan untuk mengukur pergerakan horizontal yang terjadi di dalam tubuh bendungan (gerakan internal) dan memantau gerak-gerak lateral pada tubuh bendungan.

Secara global, inclinometer atau alat pengukur kemiringan ini digunakan sebagai pengukur lateral deformation. Karena itu, alat ini sering kali dipakai  pada pengukuran kecepatan dan besar pergerakan tanah. Setelah hasil pengukuran tersebut dapat menjadi informasi dari lokasi atau titik yang mengalami ktiris akibat dari pergerakan tanah yang ada pada monitor. alat ukur kemiringan tanah juga bisa digunakan pada pile load test dengan maksud mengukur defleksi pada tanah lunak akibat beban yang ada diatasnya.

Setelah dilakukan pemantauan hasil dari pemantauan dapat dilihat pada monitor Untuk menyimpan data yang dibaca hanya dengan mengetuk “rekam” atau dengan menekan tombol “enter” pada tampilan PC. Untuk menentukan penyelesaian pada saat dilakukan nya pembacaan, cukup dengan menunggu hingga mengeluarkan suara “bip”. PC lapangan mampu menampilkan jumlah Check pada layar LCD, yakni alat yang berguna untuk memeriksa data survei di lapangan dengan tujuan untuk meminimalisir pada kesalahan pembacaan. FPC-2 juga akan melakukan survei spiral  pada saat yang sama alat juga akan melakukan survei inclinometer normal, kemudian hasil dari survei akan disimpan di dalam file data secara terpisah

Alatujigeoteknik.com – Kami menjual inclinometer dari brand Geokon dengan kualitas terbaik. Dan tentunya dengan harga jual inclinometer yang relatif terjangkau. Untuk informasi selanjutnya anda dapat menghubungi kami melalui nomor Telepon:(021) 29563045 atau dengan melaui sales kami di Email: sales.alatujigeoteknik@gmail.com

(sumber : GEOKON, Glosarium Online)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *