Ini Dia Jenis Jenis Strain Gauge Sensor

ALATUJIGEOTEKNIK — Meskipun ada banyak jenis STRAIN GAUGE untuk setiap aplikasi dan cara hitung yang berbeda, tetapi umumnya strain gauge menggunakan Wheatstone Bridge untuk menghitung perubahan resistansi. Berikut tipe tipe strain gauge sensor yang beredar di pasaran:

Quarter Bridge Strain Gauge

Quarter Bridge Strain Gauge mengacu pada fakta bahwa hanya satu dari empat resistor yang variabel (Rx) dan tiga resistor lainnya tetap. Rangkaian/sirkuitnya yang menentukan nilai resistor variabel sehingga rangkaian akan seimbang dan tidak ada arus yang lewat antara titik B dan C.

Gambar Diagram Quarter Bridge Strain Gauge

Strain Gauge Rosette

Beberapa pengukur regangan yang disebut STRAIN GAUGE ROSETTE menggunakan sensor tambahan untuk memberikan pengukuran regangan di berbagai arah, yang digunakan untuk menentukan keadaan regangan lengkap suatu objek di permukaan. Keadaan regangan lengkap terdiri dari regangan normal, geser, dan utama. Sebuah rosette biaksial menggunakan dua sensor dan pengukur regangan yang dipasang tegak lurus satu sama lain. Untuk roset triaksial, tiga derajat pengukuran saat diperlukan. Instrumen akan dipasang pada 0°-45°-90° atau 0°-60°-120° relatif terhadap satu sama lain, tergantung pada pengukuran yang diperlukan. Di bawah ini adalah beberapa konfigurasi umum untuk rosette strain gauge.

Gambar Strain Gauge Rosette

Piezoresistor

Saat mengukur regangan dalam skala kecil, piezoresistor seringkali menjadi pilihan terbaik. Karena pengukurannya yang kecil sehingga sering dinyatakan dalam regangan mikro (µε ​​atau x 10-6). Ketika sensor ini digunakan, sensitivitas berubah sehingga faktor pengukur bisa lebih tinggi daripada strain gauge foil biasa. Namun karena sensor ini bentuknya lebih kecil menjadikan sensor tersebut lebih rentan terhadap perubahan suhu dan lebih cenderung pecah daripada pengukur foil biasa.

ALATUJIGEOTEKNIK — Diatas merupakan jenis jenis strain gauge yang sering kita temui. Jika kalian membutuhkan STRAIN GAUGE SENSOR sesuai keperluan kalian, dapat langsung menghubungi kami sekaligus konsultasi strain gauge sensor apa yang sekiranya kalian butuhkan. Karena kami memiliki engineering terbaik dan berpengalaman di bidang geoteknik khususnya, yang dapat membantu apa yang kalian cari. Untuk pemesanan dan pertanyaan lain dapat menghubungi kami di +62813-9929-1909 (Fikri) & +62822-5870-6420 (Anto) atau Email kami di: sales.alatujigeoteknik@gmail.com dan bisa lansung juga melalui layanan live chat yang telah disediakan di pojok kanan bawah web.

sumber:

https://blog.endaq.com/strain-gauges-how-they-work-applications-and-types

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *