Meksiko sedang membangun bandara sekaligus menjadi infrastruktur terbesar yang diharapkan akan dibuka tahun 2020 ini, bandara tersebut bernama NAICM (Mexico City New International Airport). Bandara ini direncanakan memiliki enam landasan pacu dan melayani hingga 120 juta penumpang per tahunnya. 3D Laser Scanner berperan penting dalam pengerjaan bandara ini.

Sekretariat Federal Komunikasi dan Transportasi (SCT) Meksiko telah berencana untuk melibatkan beberapa perusahaan internasional dan nasional untuk bertanggung jawab atas desain dan pembangunan Bandara ini. Selain NAICM, Meksiko juga sedang merencanakan sebuah kereta api modern, efisien, aman, dan berkecepatan tinggi hingga 57,7 km untuk menghubungkan kota Toluca dan Mexico City.

Salah satunya adalah perusahaan jasa teknik sipil yang sudah memiliki pengalaman 40 tahun di Meksiko ini, Consorcio IUYET. Mereka terlibat aktif dalam pembangunan bandara internasional baru dan jalur kereta cepat tersebut. Consorcio IUYET akan menggunakan 3D Laser Scanner untuk membuat point cloud dari infrastruktur yang akan dibuat.

Mematuhi standar

 3d laser scanner, jasa 3d laser scanning, jual 3d laser scanner, alat survey

Kereta ini nantinya akan berdampak pada manfaat ekonomi dan transportasi yang signifikan bagi seluruh wilayah Kota Meksiko, dan NAICM akan menjadi kontributor penting untuk perekonomian Meksiko. Selain memfasilitasi pariwisata, Bandara baru ini juga akan membantu sector perdagangan, serta menghubungkan secara luas Meksiko ke seluruh dunia.

Berbagai alat seperti total station, SiTrack rail maintenance and refurbishment solution, GNSS receiver, 3D Laser Scanner, dan alat lainnya digunakan oleh Consorcio IUYET untuk mengambil, memodelkan dan menganalisis data dengan cepat dan akurat.

Selama pengerjaan bandara ini, Consorcio IUYET melakukan 2.800 pindaian untuk mencakup 50 km persegi disatukan dalam catatan waktu dua bulan menggunakan 3D Laser Scanner. Hasil Point cloud dari 3D Laser Scanner ini dibersihkan (cleaning) dan didaftarkan (registrasi) menggunakan software Leica Cyclone 9.1, salah satu software paling akurat dari teknologi Digital Terrain Model (DTM). Data ini digunakan untuk mengembangkan desain bagian bawah dan atas bandara.

3D Laser Scanner membantu Consorcio IUYET untuk mendapatkan point cloud 3d dari wilayah yang dicakup untuk menghasilkan Digital Terrain Model dan membuat peta planimetrik. Consorcio IUYET juga jadi terbantu dengan 3D Laser Scanner untuk mendapatkan data dan informasi yang akurat untuk pengembangan Building Information Modeling (BIM).

Kereta cepat ini akan memiliki empat stasiun dan dua terminal tenaga utama, termasuk di stasiun Metepec dekat Bandara Internasional Toluca. Kereta ini akan memiliki kecepatan maksimum 160 km / jam. Pembangunan terowongan sedalam 3,9 km juga dilibatkan untuk mengamankan zona yang dilindungi pemerintah. Consorcio IUYET adalah perusahaan pertama di Amerika Utara yang mengakuisisi Leica SiTrack: One, software pemetaan mobile yang dibuat khusus untuk dokumentasi kereta api, yang akan digunakan untuk pembangunan kereta penumpang berkecepatan tinggi Toluca-Mexico City.

Point cloud jalur kereta cepat tersebut didapatkan dengan SiTrack: One dan 3D Laser Scanner untuk aplikasi seperti perhitungan geometri rel, pengukuran platform, dan pembersihan rel. Leica SiTrack: One adalah teknologi baru yang menawarkan banyak hal untuk membantu moderenisasi kereta dan mengembangkan sistem kereta api yang lebih efisien dan lebih aman yang akan bermanfaat bagi para turis dan penumpang.

Menggunakan teknologi yang paling pas

 3d laser scanner, jasa 3d laser scanning, jual 3d laser scanner, alat survey

Pengalaman perjalanan di bandara memiliki dampak besar terhadap pandangan wisatawan mengenai kualitas bandara. Perjalanan dari bandara ke tujuan akan menjadi pengalaman pertama dan terakhir turis saat dari Meksiko.

Proyek kereta cepat ini sudah memulai konstruksi dari Juli 2014 lalu dan jalur baru diharapkan akan dibuka pada tahun 2018. Kereta cepat ini akan dioperasikan dengan armada 15 trainset yang memberikan waktu perjalanan dari ujung ke ujung hanya 39 menit. Menggunakan teknologi yang memungkinkan akses mudah, proyek ini berada di jalur yang aman untuk selesai dalam tepat waktu.

Sistem UAV untuk fotogrametri dan inspeksi konstruksi dan antena Leica Viva GS15 GNSS membantu Consorcio IUYET untuk membuat Geodesic Reference Network, dan Leica DNA03 digital level untuk memastikan kontrol altimetri.

Simpel dan fleksibel dalam pengukuran memungkinkan Consorcio IUYET untuk memfokuskan upaya pada evaluasi dan analisis data daripada mencari cara untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan.

Mereka juga menggunakan Leica Nova MS50 Total Station untuk mengintegrasikan data pengukuran point cloud 3D yang memungkinkan pengumpulan dan visualisasi data survey topografi bersama dengan pemindaian akurasi tinggi yang detail. Memastikan transfer data yang cepat dan efisien dari lapangan ke penyelesaian karena sangat penting untuk proyek ini.

Pengukuran mendukung inovasi

 3d laser scanner, jasa 3d laser scanning, jual 3d laser scanner, alat survey

Melalui bandara ini, Meksiko memiliki peluang untuk meningkatkan pengembangan wilayah bandara, dan memastikan dukungan bandara terhadap ekonomi lokal dan nasional meningkat.

Ditambah dengan adanya transportasi darat, akses dari bandara ke tujuan atau sebaliknya menjadi efektif dan efisien.

NAICM (Mexico City New International Airport) dan jalur kereta cepat Interurban Toluca-Mexico City akan menjadi presentasi untuk inovasi meksiko. Mereka menyebutnya “Bandara masa depan” dan mereka percaya itu akan menjadi salah satu bandara terbesar di dunia dan akan memberi desain baru untuk suatu bandara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *