inclinometer

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai seberapa penting dan berpengaruh kah alat inclinometer dalam pembangunan dan pemantuan setelah pembangunan sebuah bangunan. Serta kita juga akan membahas beberapa komponen yang terdapat pada Digital Inclinometer ini.

Sebuah bangunan akan sangat rentan terhadap kerobohan jika tanah yang menjadi penopang tidak diketahui keadaan dan kemanan nya. Contoh pada suatu bangunan yang roboh dikarenakan tanah yang berada di bawahnya mengalami deformasi atau penurunan. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan tidak adanya upaya untuk mencegah atau setidaknya mengetahui kondisi dari tanah.

Digital Inclinometer muncul sebagai solusi yang ampuh untuk melakukan pengujian itu semua, dengan sensor yang memiliki keakuratan melebihi sensor lainnya. Digital inclinometer dihadirkan secara keseluruhan, dengan mencakup diantaranya probe inclinometer, pc lapangan serta dengan kabel reel.

inclinometer

inclinometer

Di dalam prinsip kerjanya akan diawali dengan melakukan survei pada inclinometer secara konvensional dengan menggunakan casing inclinometer, guna dari casing inclinometer adalah agar roda pada pegas probe dapat tertahan dengan sempurna. Kemudian probe akan dihubungkan menuju kabel dan diturunkan menuju bagian bawah dari casing. Dan dengan perlahan probe akan dinaikkan ke bagian atas dari lubang.

Inclinometer juga mampu mendeteksi jika terdapat deformasi pada tanah, hingga dapat melakukan pendeteksian pada kemiringan tanah. Untuk sistem pengukurannya sendiri alat ini dapat diaplikasikan di tempat, yakni sistem dimana dilakukannya pengukuran ketika proses pemantauan terus menerus dilakukan, intinya alat ini dapat digunakan dalam waktu lama atau jangka panjang dengan tujuan untuk melakukan kontrol pada konstruksi atau keselamatan.

 

 

Berikut 2 komponen sistem yang terdapat pada digital inclinometer :

  • Inclinometer Casing

Memiliki sebuah akses yang dapar melakukan pengukuran pada bagian bawah tanah, komponen yang terdapat di dalam casing inclinometer mampu mengontrol orientasi pada sensor dan mengganti permukaan yang sama untuk pengukuran. Pada umumnya casing ini akan dipasang pada lubang yang sudah selesai di bor, ataupun dikubur di dalam sebuah lubang atau parit ataupun langsung dilampirkan pada struktur.

  • Portable Inclinometer

Meliputi probe, readout dan kabel, potable sistem ini sudah termasuk ke dalam kategori alat yang ekonomis, hal ini dikarenakan portable sistem pada alat ini dapat dibawa dari satu pengaplikasian menuju ke pengaplikasian lainnya. Jika menanyakan tingkat keakurutan dari alat ini bisa dibilang mancapai angka 99,99 % alias hampir tidak pernah meleset. Loh kok bisa? Karena panjang dari casing akan diukur hingga 2 kali dalam 1 kali survei.

Survei pertama yang dilakukan akan dijadikan sebagai profil awal dari si casing, kemudian survei berikutnya akan dilakukan perbandingan dengan survei yang dilakukan pertama tadi. Pemakaian dari alat ini juga mampu menghasilkan banyak data.

CATATAN PENTING :

Di dalam pengaplikasian alat ini penyelidikan adalah inti dari bagian instrumen dan juga tidak boleh diperluaskan, jika dilakukan penghapusan, proses pengukuran tidak akan mungkin menemui kata akurat atau bahkan alat akan mengalamui kerusakan. Probe juga harus ditempatkan di tempat yang sangat khusus. Jika ingin menyimpan probe dalam waktu yang cukup lama, sangat disarankan untuk mencopot baterai kartrid dan menyimpannya pada tempat yang benar benar kering.

Intinya solusi dari permasalahan kita pada kali ini sudah terpecahkan, yakni inclinometer merupakan alat yang sangat ampuh dalam masalah seperti deformasi pada tanah, ingat!! Hampir tidak pernah meleset dalam setiap kali dilakukannya pengukuran. Tunggu apalagi pesan sekarang.

Alat Uji Geoteknik sebagai perusahaan yang bergerak di bidang monitoring dan system, kami jual inclinometer dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat. Untuk informasi alat dan pembelian silahkan hubungi kami melalui nomor telepon : 021-2956-3045 atau dengan melalui sales kami di Email : sales.alatujigeoteknik@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *