inclinometer

Komponen-Komponen Inclinometer Digital Yang Wajib Diketahui

ALATUJIGEOTEKNIK — Salah satu instrumen geoteknik yang cukup sering digunakan yaitu Inclinometer Digital, instrumen tersebut cukup sering digunakan belakangan ini untuk kebutuhan monitoring, seperti monitoring bendungan, tanah yang miring, memantau kinerja tiang pancang dan dermaga bor, dan kegiatan lainnya yang mempengaruhi struktur tanah. Inclinometer Digital memiliki beberapa komponen-komponen yang cukup banyak, di artikel ini kita akan membahas komponen apa saja yang ada pada inclinometer digital. Berikut komponen komponen inclinometer digital yang wajib diketahui:

  • Casing Inclinometer Digital

casing inclinometer digital
Casing Inclinometer Digital

Casing Inclinometer Digital menjadi komponen pertama. Casing inclinometer umumnya dipasang di tanah, atau di dalam lubang yang dibor. Namun, dapat juga dipasang dengan cara tertanam dalam struktur beton.

Casing inclinometer digital digunakan untuk memandu probe di dalam casing, dengan empat alur roda memanjang, dengan jarak 90°. Oleh karena itu, hanya ada satu set alur yang berlawanan dengan arah perpindahan yang nanti dapat digunakan.

  • Cable Reel Inclinometer Digital

cable reel inclinometer digital
Cable Reel Inclinometer Digital

Cable Reel Inclinometer Digital terpasang ke probe pengukur kemiringan dan perangkat pembacaan (android readout mobile unit). Komponen satu ini digunakan untuk mengirimkan sinyal listrik selama pengukuran dan berfungsi sebagai kontrol kedalaman yang presisi dan dapat diulang untuk probe.

Cable reel memiliki desain yang berbeda dan dibuat untuk memberikan stabilitas longitudinal jangka panjang. Pada dasarnya dibuat untuk berfungsi sebagai pita pengukur. Dengan kata lain, dibuat agar tahan lama, tahan air, tidak melar, dan tidak menyusut dengan ketahanan torsi yang tinggi.

  • Mobile Readout Unit Inclinometer Digital

Android Mobile Phone Data Logger Inclinometer Digital
Mobile Readout Unit

Inclinometer Digital juga bisa menggunakan ponsel berbasis android sebagai unit pembacaan untuk merekam data pada setiap interval kedalaman. Ponsel ini juga dapat digunakan untuk menyimpan data-data hasil pemeriksaan yang nanti akan berguna untuk memverifikasi hasil dari pengukuran.

ALATUJIGEOTEKNIK — Itu dia komponen-komponen yang ada pada instrumen geoteknik Inclinometer Digital yang wajib diketahui, karena merupakan salah satu faktor utama dari Inclinometer Digital supaya dapat beroperasi dengan baik dan benar. Jika kalian sedang mencari Inclinometer Digital berkualitas untuk keperluan monitoring bendungan atau tanah landai lainnya. Kalian dapat menghubungi kami untuk mendapatkan penawaran menarik di nomor ini +62813-9929-1909 (Fikri), +62822-5870-6420 (Anto) dan Email : sales.alatujigeoteknik@gmail.com atau dapat menghubungi kami dengan chat di pojok kanan bawah halaman ini.

2 thoughts on “Komponen-Komponen Inclinometer Digital Yang Wajib Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *